4 Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Bahkan, anak cenderung ogah-ogohan belajar membaca ketika ia belum berkenalan dengan berbagai huruf. Cara belajar membaca yang pertama ini mungkin bisa dikatakan cukup efektif. Buatlah mereka mengenali huruf dasar ini bisa dengan menggunakan kartu gambar huruf yang lucu agar mereka bisa mengingat bentuk huruf dengan baik.

” Karena pada anak-anak, belajar dari mendengar lebih mudah daripada belajar dengan membaca. Contohnya, anak-anak lebih mudah hafal ketika dinyanyikan, daripada belajar dari membaca,” jelasnya.

cara mengajari anak membaca

Ini juga sangat efektif sebagaicara mendidik anak hiperaktifdan membuat anak sibuk sehingga bisa membantucara menyapih anak. Satu hal yang sangat penting dilakukan ialah orang tua harus memiliki kesabaran saat melatih anak membaca. Di rumah, orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan kepada anak, salah satunya adalah dengan membaca. Sering mengetahui kalimat, “Membaca adalah jendela dunia”? Ya betul, dengan cara mengajari anak membaca sejak dini, minat baca anak semakin terbentuk dengan baik.

Tetapkan jam belajar untuk anak, sehingga mereka bisa lebih disiplin. Anak tidak menurut dan rewel tentu hal yang sangat wajar bagi anak. Agar tidak trauma, janganlah memarahi anak ketika malas belajar. Kenalkan anak pada lagu-lagu yang berisikan lirik yang ringan dan acquainted cara mengajari anak membaca didengar anak.

Selalu ingat bahwa hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah membuatnya menjadi menyenangkan. Saat menyanyikan lagu anak-anak, ajaklah Si Kecil untuk menyanyikan lirik lagu bersama sambil bertepuk tangan. Kegiatan ini sangat menyenangkan untuk Si Kecil dan merupakan aktivitas yang dapat membantu ikatan orang tua agar lebih dekat dengan anak.

Memulai belajar dengan kata-kata yang mereka tahu jauh lebih mudah. Kemampuan membaca merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai setiap orang.

Hampir setiap anak pasti menyukai membaca buku, apalagi buku yang menarik dengan berbagai gambar dan karikatur. Pada mulanya, membaca dilakukan untuk membantu si kecil menambah perbendaharaan kata nya, sehingga nanti saat dikenalkan pada kata-kata, anak sudah tidak asing lagi mendengarnya. Nah, itulah cara mengajari anak membaca dengan teknik tanpa mengeja yang bisa Ibu praktikkan di rumah. Ingat ya, Bu, setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, jadi tidak perlu membandingkan ia dengan anak lainnya. Tetap ajari anak untuk belajar membaca sesuai kemampuan dan karakternya. Belajar membaca untuk anak usia dini bisa menjadi pekerjaan khusus untuk anak dan orang tua.

Anda juga bisa mengajaknya ke perpustakaan atau toko buku dan memilih buku yang kira-kira ia sukai. Setelah itu Anda dapat membaca buku tersebut bersama-sama dengan anak.

Akan lebih baik juga jika Anda pilihkan kata yang lebih kompleks dan panjang, seperti “menanam”, “sekolah”, dan “menangis”. Kata yang lebih dari dua suku kata ini jauh lebih sulit untuk anak pelajari. Beberapa jenis huruf konsonan yang biasa digunakan dalam kata misalnya adalah “ng” dan “ny”. Namun jika dilatih terus menerus, kemampuannya akan terus berkembang. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin agar si anak dapat dengan mudah dan terbiasa untuk menyebutnya.